Pages Navigation Menu

Prodi Ekonomi Pembangunan FEB Unri

Pengantar

Program Studi S-1 Ekonomi Pembangunan Merupakan salah satu dari 92 (Sembilan Puluh dua) Program Studi yang ada di Universitas Riau. Universitas Riau didirikan berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan no. 123 Tanggal 20 September 1962 tentang pendirian Universitas Riau di Pekanbaru yang berlaku sejak 1 oktober 1962.

Fakultas Ekonomi Universitas Riau di Pekanbaru mulai menerima mahasiswa pada Tahun 1963 dan berdasarkann surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan dengan SK No. 107 pada Tanggal 20 September 1963. Pada Tahun 1963 ini sudah ada 3 (tiga) Jurusan , Yaitu, Ekonomi Umum, Manajemen, Akuntansi.

Program Studi S-1 Ekomomi Pembangunan Pada Awalnya bernama Juusan  Ilmu Ekonomi Umum yang kemudian berganti nama Menjadi Jurusan Studi Ekonomi Pembangunan. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan pengembangan ilmu yang ada di masyarakat Jurusan Studi Pembangunan berubah menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Pada pertemuan ketua-ketua Jurusan IESP Se-Indonesia Bulan Juni 2001 di Universitas Indonesia, Depok, disepakati untuk menganti nama Jurusan IESP Menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi (IE) dan selanjutnya nama Jurusan Ilmu Ekonomi ditetapkan untuk seluruh Indonesia di Universitas Trisakti Jakarta pada Tanggal 26-28 Januari 2006, pada tahun 2008, sesuai dengan syarat pengajuan akreditasi pada Badan Akreditas Nasional ( BAN-PT)yang akan diakreditasi adalah Program Studi maka hasil rapat dosen ditetapkan bahwa diubah menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi Program Studi S-1 Ekonomi Pembangunan.